Pantangan Dan Anjuran Makanan Untuk Penderita Anemia Aplastik

Pantangan Dan Anjuran Makanan Untuk Penderita Anemia Aplastik


Anemia Aplastik merupakan suatu penyakit yang di tandai dengan adanya panistopenia (sel darah pada jaringan tubuh). Penyakit anemia aplastik ini berbeda dengan penyakit anemia biasanya, yang membedakan adalah jika anemia yang biasa hanya kekurangan sel darah merah, sedangkan anemia aplastik menyebabkan kekurangan dari ketiga jenis sel darah (pansitopenia), sel darah merah (anemia), sel darah putih (trombositopenia).
Penyebabnya karena kurangnya sel induk pluripoten sehingga sumsum tulang gagal membentuk sel darah baru. Sumsum tulang sendiri merupakan material seperti spons berwarna merah yang menghasilkan sel induk yang selanjutnya berubah menjadi sel lain. Sel induk juga memproduksi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Dan pada penyakit ini sumsum tulang mengalami aplastik (kosong), hal ini berarti sumsum tulang kosong atau hanya mengandung sedikit sel darah.
Nah, untuk mencegah itu semua agar penyakit anemia aplastik yang anda derita  tidak semakin parah apalagi sampai pada masalah jantung, alangkah baiknya anda memperhatikan pola makan anda sehari-hari, dan harus mengetahui Pantangan Dan Anjuran Makanan Untuk Penderita Anemia Aplastik itu apa saja. Untuk lebih jelasnya, simaklah beberapa Pantangan Dan Anjuran Makanan Bagi Penderita Anemia Aplastik di bawah ini !!

Beberapa Pantangan makanan Untuk penderita anemia aplastik, diantaranya adalah :

  1. Makanan yang mengandung kalsium, meliputi : susu dan produk susu lain seperti keju, yoghurt, kacang-kacangan dan pisang
  2. Makanan yang mengandung tannin, seperti : anggur, jagung, dan sorghum
  3. Makanan yang mengandung asam oksalat, seperti : kacang tanah, peterseli dan cokelat
  4. Makanan kaya fitat, seperti : kacang-kacangan, gandum-ganduman
  5. Makanan yang mengandung gluten, terdapat pada pasta dan produk gandum 
  6. Makanan dan minuman yang memiliki kandungan kafein
  7. Makanan yang memiliki kandungan lemak trans dan makanan olahan
  8. Makanan yang memiliki kandungan gula berlebih
  9.  Makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh
  10.  Minuman beralkohol, bersoda, atau berkarbonasi

Beberapa Anjuran makanan Untuk penderita anemia aplastik, diantaranya adalah :

  • Daging sapi : Daging merah merupakan makanan yang paling direkomendasikan untuk meningkatkan hemoglobin, tetapi pilihlah daging yang tidak memiliki lemak.
  • Hati : Hati adalah sumber makanan yang kaya zat besi. Hati ayam (100 gram) mengandung 9 mg zat besi. Tetapi, hati sapi mengandung jauh lebih baik sedikit kalori di bandingkan dengan jenis hati lainnya dan sumber zat besi serta rendah kolestrol.
  • Ikan laut : Ikan tidak hanya kaya akan asam lemak omega-3, tetapi juga merupakan sumber zat besi baik untuk tubuh.
  • Kacang almond : Diantara jenis kacang-kacangan yang dilarang untuk di konsumsi penderita anemia aplastik, kenapa kacang almond sendiri sangat dianjurkan? Karena kacang almond memiliki beberapa jenis mineral yang sangat baik dalam produksi darah merah. Bebarapa mineral tersebut diantaranya adalah mineral tembaga dan zat besi. Adanya mineral ini membuat almond sangat baik dalam mecegah terjadinya penyakit anemia ataupun anemia aplastik.
  • Kelapa kering (tanpa gula) : Kelapa kering bisa memasok zat besi dan bisa mencegah gangguan pada tubuh seperti anemia aplastik yang terjadi akibat kekurangan zat besi.
  • Beras Merah : beras merah selain dipilih untuk menu diet karena dapet menurunkan berat badan, ternyata juga baik untuk penderita anemia aplastik. Hal tersebut dikarenakan beras merah mengandung zat besi yang dapat meningkatkan hemoglobin.
  • Sayur-sayuran : Ada beberapa sayuran yang mengandung zat besi sangat tinggi, sangat bagus untuk mengatasi anemia aplastik. Diantaranya adalah : Bayam, kangkung, brokoli, kembang kol,  sawi, kubis, kulit kentang, dan yang lainnya.
  • Buah-buahan : Buah-buahan sangat di anjurkan untuk penderita anemia aplastik, karena dalam buah-buahan terdapat berbagai macam vitamin. Vitamin ini lah untuk membantu menyempurnakan zat besi untuk mencegah anemia atau pun anemia aplastik'. Diantaranya adalah : Strawberry, jeruk, kurma, pepaya, apel, kiwi, tomat, mangga, alpukat, kismis, aprikot, jambu biji, dan yang lainnya.

Itulah beberapa Pantangan Dan Anjuran Makanan Untuk Penderita Anemia Aplastik. Setelah anda mengetahuinya, seperti yang telah dijelaskan di atas, alangkah lebih baiknya diterapkan dalam pola makan sehari-hari. Agar penyakit anemia aplastik yang anda derita tidak berisiko ke masalah penyakit yang lebih serius.

Selain Pantangan Dan Anjuran Makanan Untuk Penderita Anemia Aplastik di atas, kami juga merekomendasikan anda dengan obat herbal QnC Jelly Gamat sebagai Cara Mengobati Anemia Aplastik Secara Tradisional paling tepat, cepat, dan aman tanpa menimbulkan efek samping negatif bagi tubuh.
http://tilupuluhherbal.blogspot.co.id/p/obat-herbal-qnc-jelly-gamat-asli.html

QnC Jelly Gamat merupakan obat herbal multikhasiat yang terbuat dari ekstrak teripang emas dan bahan herbal alami lainnya. Dalam teripang emas terdapat berbagai kandungan aktif yang berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit salah satunya penyakit anemia aplastik. Selain QnC Jelly Gamat anda juga bisa mencoba Walatra G-sea Gamat Emas Rasa Jeruk dan Walatra Gamat Emas Kapsul, kedua produk tersebut sama halnya dengan QnC Jelly Gamat terbuat dari Ekstrak Teripang Emas, yang membedakan hanya varian rasanya saja. Untuk mengetahui Cara Mengobati Anemia Aplastik Secara Tradisional selangkapnya >>KLIK DISINI<<

Related Posts:

0 Response to "Pantangan Dan Anjuran Makanan Untuk Penderita Anemia Aplastik"

Posting Komentar